0 item in the bag

No products in the cart.

WhatsApp : +6282223239478

Zhiyun Smooth-Q atau Zhiyun Smooth 4, Bingung Pilih yang Mana?

Halo Konco GD! Setelah sebelumnya kita membahas tentang mikrofon untuk youtuber, kali ini kita ngobrol soal gimbal stabilizer yuk. Gimbal stabilizer ini bagaikan bumbu penyedap dalam membuat video. Dengan alat ini hasil video yang Konco GD buat akan terlihat sangat profesional sebab gerakan video menjadi smooth dan sedap ditonton. Karena fungsi utama gimbal stabilizer adalah untuk meminimalisir shake dan blur pada video, sehingga saat merekam video akan selalu steady.

Di artikel ini, mimin mau kasih tau gimbal stabilizer untuk smartphone yang recommended buat Konco GD. Yaitu Zhiyun Smooth-Q dan Zhiyun Smooth 4! Kedua gimbal stabilizer besutan Zhiyun ini nggak usah diragukan lagi kualitasnya karena sudah banyak orang yang menggunakan dan mengakui kecanggihannya. Nggak cuma berguna untuk bikin video jadi smooth, tapi juga menawarkan fitur-fitur lain yang mendukung untuk menghasilkan video yang keren! “Terus apa bedanya antara Zhiyun Smooth-Q dan Zhiyun Smooth 4?”, “Paling bagus yang mana, Min?” Untuk tahu jawabannya, mari kita bedah kedua gimbal stabilizer kece ini yuk.

Zhiyun Smooth-Q

Gimbal stabilizer satu ini secara fisik memiliki fitur yang sangat simpel dan ringkas. Konco GD hanya menemukan sedikit tombol pada Zhiyun Smooth-Q. Tombol tersebut adalah joystick untuk mengatur gerakan gimbal stabilizer, mode untuk mengatur pilihan Pan Following Mode, shifter level untuk menyesuaikan fokus, dan power on/off. Selain itu juga terdapat indikator bluetooth dan baterai serta Micro USB port. Soal berat, Zhiyun Smooth-Q cukup ringan yaitu hanya 440 gram saja. Sedangkan untuk kapasitas berat, Zhiyun Smooth-Q mampu menahan beban 220 gram. Jadi, smartphone dengan ukuran yang lebar (plus-size) kompatibel menggunakan gimbal stabilizer ini. Aksesoris smartphone seperti lensa, lampu led, dan mikrofon juga bisa digunakan dengan Zhiyun Smooth-Q lho!

Soal kualitas video yang dihasilkan, Zhiyun Smooth-Q bisa membuat video yang direkam pada smartphone menjadi sangat smooth. Zhiyun Smooth-Q juga memiliki fitur rotasi 360° kesamping (Pan) serta rotasi 320° atas-bawah dan memutar (Tilt and Roll axes). Fitur ini keren banget karena memungkinkan pembuatan video dengan smartphone jadi lebih praktis, asyik, dan juga profesional. Apalagi daya Zhiyun Smooth-Q cukup lama yaitu mencapai 12 jam. Konco GD nggak usah takut smartphone lowbat, karena Zhiyun Smooth-Q bisa dijadikan sebagai powerbank melalui port USB yang tersedia. Untuk mode yang tersedia pada Zhiyun Smooth-Q ada Object Tracking yang mana gimbal stabilizer mengunci objek dan mengikuti gerakan objek tersebut secara otomatis, time lapse, slow motion, long exposure, selfie mode, dan multi-style filters.

Zhiyun Smooth 4

Gimbal stabilizer untuk smartphone dari Zhiyun yang masih tergolong baru ini cukup berbeda dengan Zhiyun Smooth-Q. Kalau Zhiyun Smooth-Q sangat simpel dan ringkas, Zhiyun Smooth 4 memiliki body yang lebih besar serta tombol yang cukup banyak. Perbedaan paling mencolok terlihat pada handwheel yang menggantikan tombol joystick. Fungsinya juga berbeda. Jika Zhiyun Smooth-Q menggunakan joystick untuk mengatur gerakan gimbal stabilizer, handwheel pada Zhiyun Smooth 4 berfungsi untuk mengatur panjang fokus (focal length). Pada Zhiyun Smooth 4 tidak ada lagi fitur mengatur gerakan gimbal stabilizer melalui tombol, melainkan kita harus menggerakkannya dengan gerakan tangan atau fisik pada gimbal stabilizer. Tersedia pula handwheel lain yang terletak pada sisi kiri gimbal stabilizer. Handwheel yang cukup besar ini berfungsi untuk mengatur fokus dan zoom saat merekam video. Oleh karena bentuknya yang lebih besar dengan pengaturan yang cukup banyak, Zhiyun Smooth 4 memiliki berat 500 gram dengan beban maksimal 210 gram. Selisih kurang 10 gram dari Zhiyun Smooth-Q. Sementara itu kapasitas baterai, Zhiyun Smooth 4 sama dengan Zhiyun Smooth-Q yaitu mampu beroperasi hingga 12 jam dan bisa digunakan sebagai powerbank untuk smartphone. Pada Zhiyun Smooth 4, fitur Micro USB Port Type-C juga telah tersedia.

Salah satu kekurangan Zhiyun Smooth 4 adalah tidak adanya fitur rotasi hingga 360°. Rotasi yang dapat dilakukan pada Zhiyun Smooth 4 hanya sampai 240° saja. Tapi, jangan bersedih! Ada kelebihan Zhiyun Smooth 4 yang keren banget, yaitu Vertigo Mode. Vertigo Mode membuat efek zoom-in pada foreground dan zoom-out pada background secara bersamaan. Tentu saja mode ini membuat hasil video dari smartphone menjadi lebih cinematic. Selain Vertigo Mode, ada mode lain yaitu Shooting Mode, PhoneGo Mode, Panorama, Timelapse, dan Motion-lapse.

Kembali ke pertanyaan awal, “terus lebih bagus yang mana, Min?”. Menurut Mimin keduanya sama-sama bagus banget dan recommended! Soal pilihan tergantung kebutuhan Konco GD. Mau yang praktis nggak ribet, ringan dibawa kemana-mana, dan hanya digunakan untuk selfie serta membuat video pribadi bersama teman dan keluarga? Jangan pusing jangan bimbang, Zhiyun Smooth-Q menjadi gimbal stabilizer yang tepat untuk kamu! Tapi, kalau Konco GD adalah seorang yang geek addict, fokus menjadi filmmaker yang handal, memerlukan berbagai pengaturan untuk mendapatkan video yang bagus demi memenuhi konten media sosial atau pembuatan film, maka jangan ragu untuk memilih Zhiyun Smooth 4 dengan segala pengaturan profesionalnya yang memungkinkan kamu untuk berkreasi lebih banyak.

Jadi, Konco GD sudah memutuskan mau pakai Zhiyun Smooth-Q atau Zhiyun Smooth 4? Langsung aja dapatkan kedua gimbal stabilizer for smartphone besutan Zhiyun ini di toko kamera Gudang Digital Online!