0 item in the bag

No products in the cart.

WhatsApp : +6282223239478

Trik Memotret Saat Turun Hujan Menggunakan Kamera DSLR

Musim penghujan sedang turun di Indonesia, sebagai negara tropis Indonesia memiliki curah hujan yang cukup tinggi saat musim hujan tiba. Tak jarang banyak yang berpendapat bahwa produktifitas seseorang akan turun saat hujan turun atau sering disebut mager.

Nah Konco GD tau nggak sih, kalau ada kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan saat musim hujan turun. Bagi Konco GD yang memiliki hobi fotografi bisa banget nih mencoba memotret saat hujan turun. Gudang Digital punya triknya agar hasil foto Konco GD menjadi ciamik walaupun saat turun hujan. Yuk mari disimak.

Hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan kegiatan fotografi adalah menyiapkan peralatan. Peralatan yang utama adalah kamera, pastikan kamera kamu berfungsi dengan baik. Jika kamu memiliki case kamera yang tahan air atau waterproof kamu juga bisa membawa itu guna melindungi kameramu dari air hujan. Elemen air sangat berbahaya untuk beberapa unit elektronik salah satunya kamera. Namun, apabila kamu tidak meiliki case kamera yang tahan air, tak perlu khawatir kamu juga bisa menggunakan payung guna melindungi kameramu. Tak hanya kamera, payung juga bisa melindungi kamu saat melakukan kegiatan fotografi di musim hujan.

Saat ingin memulai memotret air hujan pastikan kamu sudah mengatur shutter speed diposisi yang tepat. Kunci dari memotret air hujan adalah shutter speed. Apabila kamu ingin memotret air hujan secara detil kamu bisa mengatur shutter speedmu diposisi sekitar 1/1000 detik. Dengan setinggan berikut foto air hujan yang dihasilkan akan lebih detil. Namun, jika kamu lebih menyukai memotret hujan dengan sedikit blur dan dramatis kamu bisa mensetting shutter speed diposisi sekitar 1/125 detik.

Selain mengatur shutter speed, saat ingin memotret air hujan jangan lupa untuk mengatur ISO pada kamera kamu ya, Konco GD. Jika kamu ingin memotret saat keadaan terang kamu bisa mengatur ISO kameramu diposisi 800 atau lebih dari itu.

Trik memotret saat turun hujan menggunakan kamera DSLR (Foto: Merdeka.com)

Kamu juga harus memperhatikan Exposure saat ingin memotret saat hujan turun. Kamera DSLR milikmu mungkin bisa menghasilkan foto yang lebih terang atau lebih gelap tidak sesuai dengan apa yang dilihat matamu langsung. Maka kamu perlu mengatur exposure agar supaya foto yang dihasilkan sesuai dengan yang kamu harapkan. Kamu bisa meningkatkan EV untuk membuat fotomu terlihat lebih terang, kamu juga bisa mengurangi exposure jika ingin membuat fotomu terlihat lebih gelap. Setelah mengatur exposure kamu bisa menggunakan histogram kamera agar exposurenya lebih akurat.

Kamu juga bisa menjadi rintik air huijan sebagai background foto kamu supaya foto kamu terlihat makin ciamik. Saat ingin mengambil gambar, kamu bisa arahkan kamera kamudan fokuskan ke suatu objek. Air hujan yang turun disekitar objek tersebut akan membuat foto kamu terlihat lebih dramatis.

 

Sumber: https://www.idntimes.com/tech/trend/indra/gak-ribet-kok-begini-cara-potret-keindahan-air-hujan-dengan-kamera-dslr/full

Penulis: Idofi Andika Pratama