0 item in the bag

No products in the cart.

WhatsApp : +6282223239478

Tips Membuat Foto Lebih Aestetik dengan Bokeh

Hai, Konco GD! Di postingan kali ini Mimin mau membagikan tips untuk membuat foto yang kece dengan efek bokeh. Tapi sebelumnya udah pada tahu belum bokeh itu apa sih? Secara garis besar bokeh adalah efek blur pada foto. Bokeh berasal dari bahasa Jepang yaitu boke yang artinya adalah blur.

Mimin mau ngajakin untuk membuat bokeh yang gak sekedar blur yang out of focus asal-asalan aja, tetapi sesuatu yang aestetik, yang bisa bikin hasil fotomu menjadi lebih kece. Contoh efek bokeh misalnya, background dengan blur yang creamy sehingga membuat foto lebih menarik atau efek orbs yang seringkali dihasilkan dari bokeh yang berasal dari cahaya pada background yang tidak fokus. Bokeh tidak hanya bisa dilakukan pada background aja, tetapi juga foreground. Tergantung kreativitasmu.

Lalu, gimana sih caranya bikin bokeh yang aestetik? Berikut tips membuat foto bokeh yang kece dari Gudang Digital.

1. Gunakan lensa dengan bukaan diafragma yang besar

Poin pertama ini penting banget untuk bisa menghasilkan bokeh yang cakep karena bokeh sangat dipengaruhi oleh besarnya bukaan lensa. Sebenarnya semua lensa bisa membuat bokeh, tapi lensa dengan bukaan besar dapat menghasilkan bokeh yang lebih nendang. Bukaan besar yang dimaksud seperti f/1.2, f/1.4, f/1.8, atau f/2. Biasanya lensa dengan bukaan besar ini ada pada lensa prime atau fix, yang mana hanya memiliki satu focal length. Contoh lensa yang bagus untuk membuat bokeh yang banyak digunakan adalah lensa fix 50mm f/1.4 atau f/1.8, 85mm f/1.4 atau f/1.8, atau 135mm f/2. Tapi, kalau kamu cuma punya lensa zoom, jangan khawatir! Bisa juga kok dipakai untuk membuat bokeh yang indah. Caranya dengan menggunakan focal length terpanjang. Jadi, misalnya lensa 18-200mm maka gunakan focal length terpanjang yaitu 200mm. Dijamin bokeh pada background akan lebih creamy.

Lensa prime dengan bukaan besar

2. Beri jarak yang jauh antara subjek dengan background

Semakin jauh subyek dengan background akan menghasilkan efek bokeh yang semakin bagus karena background akan semakin blur. Poin ini juga penting untuk membuat bokeh yang sedap dipandang sekaligus untuk menghindari latar yang terlalu ramai. Dengan cara ini, subyek akan terlihat lebih tajam dan latar akan tampak lebih blurry dengan efek bokeh yang menarik.

3. Dekatkan kamera dengan subjek atau objek foto

Dengan mendekati subjek, maka DOF akan semakin sempit sehingga membuat blur pada background semakin pekat. Bokeh akan menjadi lebih creamy. Sama seperti mata manusia, ketika melihat objek yang sangat dekat, maka mata akan fokus pada objek terdekat itu yang membuat pandangan lain menjadi kabur. 

4. Gunakan mode Aperture atau Manual

Penggunaan mode Aperture ini bertujuan agar kita bisa menentukan bukaan yang kita inginkan sehingga pengaturan lain akan mengikuti secara otomatis untuk menghasilkan exposure yang pas. Penentuan bukaan lensa ini adalah hal penting yang perlu kita lakukan untuk menghasilkan bokeh yang bagus, jadi lebih baik fokus pada pengaturan bukaan yang kita inginkan. Kalau belum puas dengan pengaturan pada mode Aperture, gunakan saja mode Manual sehingga kita bisa menentukan sendiri seluruh pengaturan yang kita inginkan agar dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh terbaik.

Mode kamera

5. Tentukan lokasi pengambilan foto yang mendukung

Dengan menentukan lokasi dengan latar yang mendukung, maka membuat efek bokeh menjadi lebih mudah. Contohnya seperti taman kota yang memiliki pepohonan rindang, sehingga bisa menghasilkan background berwarna hijau yang bagus dengan efek bokeh. Atau, lokasi dengan latar lampu kota sehingga saat pemotretan malam hari bisa menghasilkan background dengan bokeh orbs yang dihasilkan dari kerlap kerlip lampu.

6. Gunakan properti tambahan

Supaya bokeh lebih aestetik, bisa juga lho pakai properti tambahan. Salah satu properti yang asyik banget buat ngebokeh adalah lampu tumblr. Kita bisa menggunakan lampu tumblr sekreatif mungkin untuk menghasilkan tumblr. Untuk pemula, coba letakkan lampu tumblr sebagai latar foto agar menghasilkan bokeh orbs. Semakin menarik menggunakan lampu tumblr warna warni untuk menciptakan bokeh yang colorful.

Berkreasi bokeh dengan lampu tumblr

Keenam tips di atas langsung aja dipraktekin untuk membuat hasil fotomu lebih kece dengan efek bokeh. Dijamin fotomu akan tampak aestetik! Kalau belum punya lensa dengan bukaan besar atau lensa tele zoom, toko kamera Gudang Digital Online punya banyak pilihan lensa untuk melengkapi kebutuhan memotretmu.