0 item in the bag

No products in the cart.

WhatsApp : +6282223239478

Kenalan Sama Filter Lensa Kamera Yuk! (Part. 1)

Filter dalam dunia fotografi adalah alat yang berfungsi untuk melindungi kaca lensa, mengoreksi atau mengubah warna, hingga memberikan efek khusus pada hasil foto. Filter ini berupa kaca transparan yang dipasang di bagian depan atau belakang lensa kamera, sehingga biasa juga disebut dengan filter lensa. Efek yang dihasilkan dari filter pada hasil foto bermacam-macam, tergantung dari jenis filter yang digunakan. Memang saat ini filter sudah bisa digunakan secara buatan seperti melalui editing photo software. Tapi, tentu saja menggunakan filter secara manual memberikan kepuasan lebih lho Konco GD. Nggak cuma itu, kita jadi lebih bisa mengasah kemampuan fotografi seperti mengenal cahaya dan warna, serta nggak perlu capek-capek ngedit banyak soalnya efek yang diinginkan sudah langsung dibuat saat memotret menggunakan filter lensa.

Seperti yang sudah tadi disebutkan kalau jenis filter lensa ada bermacam-macam. Nggak cuma jenisnya, tapi bentuknya juga bervariasi ya Konco GD. Nah, di artikel kali ini Konco GD akan kita ajak untuk berkenalan dengan filter lensa. Sebagai permulaan, yuk kita bahas dulu mengenai bentuk filter lensa!

Bentuk filter lensa secara umum ada tiga nih Konco GD, yaitu screw-on filters, slot-in filters, dan drop-in filters. Rupa dari filter lensa juga beda-beda, ada yang lingkaran, segi empat, dan persegi panjang. Jadi, apa sih perbedaannya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Screw-on Filters (Filter Ulir)

Bentuk screw-on filters ini berupa lingkaran yang dipasang di bagian depan lensa kamera dengan cara diputar atau diulir. Filter ulir memiliki ukuran dan tingkat ketebalan yang bervariasi, tergantung dari diameter lensa serta efek yang akan dihasilkan. Karena lensa memiliki diameter yang berbeda-beda, maka filter jenis ulir pun dibuat juga dengan ukuran yang berbeda mengikuti ukuran lensa yang digunakan. Jadi, misalnya lensa Konco GD memiliki diameter berukuran Ø (simbol diameter) 52mm, maka filter ulir juga harus memiliki diameter yang sama. Oleh karena itu, sebelum membeli filter jenis ulir, pastikan Konco GD udah tahu ukuran lensanya.

Kelebihan: ukurannya kecil serta lebih kokoh karena kaca filter dilindungi oleh plastik ulir pada bagian pinggirannya. Penggunaannya pun lebih praktis.

Kelemahan: memungkinkan nyangkut di lensa apabila dipasang terlalu kuat atau lama. Memerlukan alat tambahan berupa adapter apabila ukuran filter tidak sesuai dengan lensa.

2. Square & Rectangular/Slot-In Filters

Sesuai dengan namanya, filter lensa ini berbentuk segi empat (ukuran 4×4 inci) atau persegi panjang (ukuran 4×6 inci). Bentuknya lebih menyerupai lembaran kaca. Filter ini memerlukan alat tambahan yaitu holder sebagai tempat untuk menaruh filter di depan lensa. Cara menggunakannya yaitu dengan menyelipkan filter lensa ke dalam holder tersebut. Makanya filter ini juga disebut dengan Slot-In Filters. Untuk filter ini biasanya lebih banyak digunakan untuk jenis filter Neutral Density (ND) untuk bentuk yang segi empat dan Graduated Neutral Density (GND) untuk bentuk persegi panjang. ND atau GND itu apa sih? Nanti kita akan bahas lebih lanjut yaa! 

Kelebihan: dapat digunakan untuk berbagai ukuran lensa, pengaturan posisi filter lebih fleksibel, lebih mudah ditumpuk untuk penggunaan filter berlapis karena dudukan holder yang biasanya berjumlah hingga 4 dudukan filter.

Kelemahan: bentuknya lebar dan rentan pecah, memungkinkan adanya vignette (blur hitam pada pinggiran foto) pada lensa yang lebar akibat bayangan holder.

3. Drop-in Filters 

Filter satu ini bentuknya lingkaran, mirip seperti filter ulir. Serupa tapi tak sama loh, Konco GD. Cara pakai Drop-in Filters tidak diulir, melainkan diselipkan pada adapternya. Berbeda dengan dua bentuk filter sebelumnya yang dipasang di depan lensa, nah kalau Drop-In Filters justru dipasang di belakang lensa atau di antara lensa dan sensor kamera. Biasanya filter ini digunakan untuk lensa telephoto yang besar, di mana diameter depan lensa tersebut sangat besar dan tidak tersedia ukuran filter untuk lensa itu.

Kelebihan: waktu untuk melepas dan memasang filter lebih cepat, lebih ringkas, dapat melindungi sensor dari kotoran.

Kelemahan: belum banyak digunakan secara umum dan hanya untuk kamera tertentu.

Ketiga bentuk filter lensa tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Tergantung Konco GD nih, lebih sreg pakai yang mana. Filter dengan bentuk screw-on filters dan slot-in filters bisa Konco GD dapetin di toko kamera Gudang Digital Online.

Nah, kalau sudah menentukan bentuk filter yang mau digunakan, selanjutnya kita pilih jenis filter apa yaa yang cocok untuk memotret genre fotografi yang diinginkan? Tunggu penjelasannya di artikel selanjutnya ya!