0 item in the bag

No products in the cart.

WhatsApp : +6282223239478

Kamera Mirrorless untuk Pemula, Harga di Bawah 8 juta!

Halo Konco GD! Banyak sekali yang bertanya ke mimin, kamera mirrorless apa yang bagus untuk pemula? Kemudian, pertanyaan pun berlanjut soal harga yang murah kamera apa aja yah? Tenang, tenang. Di postingan kali ini mimin akan ngasih tau kamera mirrorless apa aja yang cocok buat Konco GD yang baru pertama kali pegang kamera nih. Harganya terjangkau pula. Nggak nyampe 8 juta! Fiturnya udah canggih bener, nggak usah diragukan lagi. Nah loh kamera apaan tuh? Nih, simak ya!!

1. Sony a5100
Meskipun rilisnya sudah tergolong lama, yaitu tahun 2014, tapi Sony a5100 memiliki kelebihan yang masih patut dipertimbangkan untuk para pemula ditambah dengan harga yang terjangkau. Fitur unggulan yang dimiliki Sony a5100 yaitu memiliki sensor APS-C CMOS dengan resolusi 24MP yang mampu menghasilkan kualitas gambar tajam, BIONZ X image processor untuk memproses tangkapan gambar dengan cepat, Hybrid Autofocus sehingga dapat menangkap gambar objek yang bergerak atau dalam keadaan minim cahaya, serta LCD touchscreen. Selain itu, Sony a5100 juga cocok untuk Konco GD yang senang merekam video karena kamera ini sudah dilengkapi dengan kualitas video Full HD dengan 60fps. Oh ya, masih ada kelebihan lainnya juga nih Sobat GD! Sony a5100 juga telah dilengkapi dengan built-in flash, layar monitor yang bisa diputar hingga 180 derajat, tombol yang sederhana, dan bentuknya yang relatif kecil dibandingkan kamera mirrorless Sony lainnya sehingga sangat praktis dibawa kemana-mana. Apalagi permukaan body yang sedikit kasar dan dilengkapi dengan grip, membuat kamera ini kokoh saat dipegang. Nah bisa dibilang selain cocok untuk pemula, Sony a5100 juga pas buat para traveler.

2. Fujifilm X-A3
Kamera keluaran Fujifilm satu ini merupakan generasi penerus dari seri terdahulunya yaitu Fujifilm X-A2. Tentu saja sebagai penerus, Fujifilm X-A3 memiliki pembaharuan fitur yang lebih unggul. Salah satu fitur yang ditingkatkan adalah resolusi gambar dari yang semula 16.3MP menjadi 24MP pada Fujifilm X-A3 yang setara dengan kamera mirrorless Fujifilm seri di atasnya seperti X-T2. Sementara itu untuk sensor yang digunakan adalah APS-C CMOS. Fitur lain seperti layar sentuh menjadi lebih responsif, ditambah dengan peningkatan titik fokus hingga 77. Menentukan titik fokus dengan menyentuh layar tentu saja mempermudah Konco GD saat memotret bukan? Eits, keunggulannya belum selesai! Fujifilm X-A3 juga dilengkapi dengan Film Simulation yaitu fitur yang hanya dimiliki Fujifilm untuk mengubah warna hasil foto, atau bisa dibilang semacam filter khusus. Buat Konco GD yang suka banget selfie, maka Fujifilm X-A3 adalah kamera yang tepat. Karena, selain layar monitor yang bisa diputar menghadap ke depan, kamera ini juga dilengkapi dengan selfie mode, di mana kamera secara otomatis akan mendeteksi mata dan kemudian mengatur pencahayaan agar wajah menjadi lebih cerah. Kalau Konco GD lebih senang memotret objek lain, tenang dulu jangan khawatir! Karena ada mode SR+ atau auto yang disediakan untuk membantu Konco GD untuk memotret di segala situasi, seperti objek yang bergerak cepat, situasi minim cahaya, hingga memfokuskan objek yang sangat dekat (macro).

3. Canon EOS M100
Jika dibandingkan dengan kamera untuk pemula sebelumnya, Canon EOS M100 body-nya lebih mungil bahkan hampir mirip seperti kamera saku. Tapi jangan salah! Walau mungil, kelebihannya nggak main-main. Canon EOS M100 ini merupakan generasi penerus dari Canon EOS M10. Resolusi gambarnya mengalami peningkatan dari 18MP menjadi 24MP, membuatnya sejajar dengan Sony a5100 dan Fujifilm X-A3. Selain itu prosesornya juga meningkat dari DIGIC 6 menjadi DIGIC 7. Untuk sensornya menggunakan APS-C Dual Pixel CMOS seperti pada kamera DSLR Canon. Dari ketiga fitur itu menghasilkan kualitas gambar yang setara dengan hasil gambar dari seri mirrorless Canon di atasnya seperti Canon EOS M5. Autofokus milik Canon EOS M100 juga kece loh karena telah menggunakan sistem dual pixel sehingga bisa menangkap gambar objek yang bergerak cepat. Oh ya, karena body-nya yang mungil maka untuk pengoperasiannya lebih banyak menggunakan layar sentuh. Fitur ini mempermudah penggunaan untuk pemakainya. Opsi mode yang tersedia pun sederhana, yaitu mode otomatis, manual, shutter priority, aperture priority, dan program. Kelebihan lainnya adalah kualitas video yang sudah Full HD! Meskipun tidak dilengkapi dengan hotshoe untuk menggunakan aksesoris eksternal, namun Canon EOS M100 sudah dilengkapi dengan internal flash. Bisa dibilang, kamera mirrorless Canon EOS M100 ini cocok untuk Konco GD yang ingin upgrade dari kamera smartphone dan yang menginginkan kamera dengan body kecil serta ringan agar praktis dibawa pergi.

4. Olympus Pen E-PL8
Jatuh cinta pada pandangan pertama, itulah yang mimin rasakan untuk kamera ini. Bentuk kamera Olympus Pen E-PL8 stylish banget! Klasik dan retro, membuat kamera ini sedap dipandang. Nggak cuma keren dari luar, tapi fiturnya juga nggak kalah kece. Resolusi gambarnya memang tak sebesar kamera-kamera sebelumnya yaitu hanya 16MP, tapi hasil jepretannya tetap jernih! Ditambah dengan 3-axis image stabilization yang membuat kamera ini tetap stabil meskipun memotret dalam genggaman loh. Jadi, Konco GD nggak usah khawatir hasil foto menjadi shake saat memotret dalam keadaan minim cahaya tanpa menggunakan tripod. Oh ya, walau tak dilengkapi dengan internal flash, namun Olympus menyertakan external flash mini dalam produknya ini. External flash bisa dipasang pada hotshoe yang ada pada kamera. Untuk sensornya, Olympus Pen E-PL8 menggunakan Micro Four Thirds yang mana berbeda dari kamera sebelumnya yang semua menggunakan sensor APS-C. Sensor Micro Four Thirds lebih kecil dari APS-C sehingga membuat kamera mirrorless Olympus Pen E-PL8 lebih kecil dan ringan. Kelebihan dari sensor ini adalah mampu melihat pencahayaan obyek secara real-time, sehingga memudahkan Konco GD untuk melihat dalam keadaan minim cahaya. Selain itu, tersedia banyak lensa yang menggunakan mount Micro 4/3 sehingga Konco GD dapat memilih lensa dengan harga yang terjangkau sekalipun.

5. Panasonic Lumix DMC-GF10
Sama seperti Olympus Pen E-PL8, kamera mirrorless Lumix GF10 ini dilengkapi dengan sensor Micro 4/3 (Four Third) dengan resolusi gambar 16MP. Hampir mirip dengan kamera yang telah mimin bahas, Lumix GF10 juga dilengkapi dengan layar sentuh, layar kamera yang bisa diputar 180 derajat, dan built-in flash. Eits, tunggu dulu Konco GD! Ada keunggulan yang nggak dimiliki oleh kamera sebelumnya lho. Salah satu fitur terbaiknya ditujukan untuk Konco GD yang sering selfie, nih! Yaitu memiliki fitur 4K SELPHY yang memungkinkan pemakai melakukan continuous selfie hingga 30fps. Mode selfie lainnya ada juga seperti Night Mode Selfie, Panorama Selfie, dan Beauty Retouch. Keunikan lainnya adalah kamera ini bisa melakukan jepretan tanpa memencet tombol loh, Konco GD! Gimana caranya? Yak, dengan menggunakan fitur Self-Portrait Shutter, Face Shutter (menggunakan gerakan tangan bebas genggam), atau Buddy Shutter (mendeteksi dua wajah yang mendekat). Ada juga fitur Creative Control di mana Konco GD bisa berekreasi melalui 22 filter yang terdapat pada kamera. Ada lagi nih fitur unggulan dari Lumix GF10, yaituuuu kualitas perekam video 4K UHD (30/25/24fps) dan FHD (60/50fps)! Dengan harga yang terjangkau, Konco GD sudah bisa mendapatkan kamera dengan fitur yang ada pada kamera profesional.

Panasonic Lumix DMC-GF10

Kelima kamera mirrorless buat Konco GD yang baru ingin belajar fotografi tersebut bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Nggak nyampe 8 juta, gaes! Tentu saja kelima kamera mirrorless tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi WiFi sehingga memudahkan Konco GD memindahkan foto dari kamera langsung ke smartphone. Masing-masing kamera mirrorless tentu saja memiliki keunggulannya sendiri-sendiri tergantung sesuai kebutuhan. Jadi, pengen punya yang mana untuk memulai perjalanan fotografi Konco GD?