0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Gudang Digital Dan Lumix Indonesia Adakan Hunting Pasar Dan Bedah Foto

Setelah sukses menggelar workshop Commercial Photography, kali ini Lumix Indonesia dan Gudang Digital Indonesia menggelar workshop lagi lho! Kali ini peserta workshop diajak untuk jalan-jalan ke sebuah pasar di daerah Bantul, Yogyakarta yaitu Pasar Pundong.

Pada edisi kali ini, workshop hanya dikhususkan untuk para pengguna kamera Panasonic Lumix di daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Bukan workshop namanya kalau tidak ada narasumbernya dong, kali ini mas Erwin Octavianto didaulat menjadi narasumber Hunting Pasar dan Bedah Foto. Erwin Octavianto adalah seorang fotografer seni budaya dan Street Photographer.

Pukul 06:00 WIB peserta workshop diarahkan untuk langsung menuju ke Pasar Pundong yang menjadi lokasi Hunting Pasar. Pasar Pundong berjarak sekitar 25 Km dari Gudang Digital Indonesia. Ada hal unik mengapa Pasar Pundong dipilih menjadi lokasi hunting pasar, pemilihan Pasar Pundong sebagai lokasi harus melalui perhitungan pasaran jawa yang disebut weton. Pasar Pundong memiliki pasaran Wage di mana warga percaya pada saat pasaran Wage pasar akan lebih ramai daripada biasanya. Selain itu, pasar ini masih menjual banyak sekali makanan tradisional lho.

Jam menunjukan pukul 07:00 acara hunting pasar pun dimulai. Mas Erwin Octavianto ditemani oleh Mas Eggy selaku penganggungjawab dari Lumix Indonesia membuka peserta menjadi dua grup. Grup yang pertama bersama mas Erwin Octavianto sedangkan grup kedua bersama mas Eggy yang dibantu oleh mas Danu dan mas Andre dari Gudang Digital Indonesia. Banyak spot-spot menarik yang ditemukan di Pasar Pundong, seperti masih banyak pedagang dengan kios terbuka, tukang cukur dipinggir jalan, tak ketinggalan juga makan tradisional yaitu Mie Lethek. Selain memotret, para peserta juga mencicipi Mie Lethek lho! Peserta workshop yang kebanyakan dari kalangan mahasiswa sangat antusias mengikuti workshop hingga pukul 09:00 peserta sudah kembali lagi ke titik kumpul untuk mereview hasil foto.

Pukul 09:30 peserta hunting foto bergegas meninggalkan Pasar Pundong untuk menuju ke Pendapa Art Space lokasi diselenggarakannya bedah foto. Butuh waktu sekitar 20 menit dari pasar Pundong untuk sampai di lokasi yang berada di sekitar Ring Road selatan itu. Sebelum memulai bedah foto, mas Eggy terlebih dahulu mengisi acara dengan menyampaikan Product Knowledge dari Lumix yang dilanjut dengan acara inti yaitu bedah foto.

Kegiatan bedah foto yang diselenggarakan Gudang Digital dan Lumix Indonesia
di Pendopo Art Space, Yogyakarta (Foto: Gudang Digital)

Mas Erwin Octavianto memperkenalkan diri kepada peserta workshop yang sudah hadir di Pendopo Art Space terlebih dahulu. Setelah memperkenalkan diri, tanpa berpikir panjang mas Erwin langsung mempersilakan tujuh orang peserta untuk menunjukan karya mereka untuk dibedah bersama-sama. Peserta workshop sangat antusias dalam membedah fotonya, hal-hal yang mengganjal juga langsung ditanyakan kepada narasumber seperti komposisi foto hingga model kamera yang cocok untuk memotret jenis foto Street Photography yang langsung dijawab oleh mas Erwin Octavianto.

Setelah dua jam berjalan, tak lupa peserta workshop memberikan kesan-kesan selama mengikuti workshop. Sesi foto bersama peserta dengan narasumber menjadi penutup acara Motret Pasar Tradisional ini.