0 items in your shopping cart

No products in the cart.

Gudang Digital Dan Canon Indonesia Adakan Kegiatan Workshop Fotografi Dan Motret Bareng

Halo Konco GD! Siapa yang tidak mengenal fashion? Salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh kawula muda saat ini. Tidak mau ketinggalan, fashion juga sudah masuk ke dalam salah satu aliran di fotografi. Minggu lalu Gudang Digital bersama Canon Indonesia baru saja mengadakan agenda motret bareng lho. Acara motret bareng kali ini mengusung tema “Fashion on The Street”.

Kegiatan Fashion on The Street lebih menekankan pada fotografi luar ruangan atau sering disebut dengan outdoor. Dengan cara terjun langsung ke suatu tempat yang sudah ditentukan dan melakukan dokumentasi foto di lokasi tersebut.

Acara digelar pada tanggal 22 Februari 2020 bertempat di Dalem Shopingen Kotagede, Yogyakarta. Pukul 12:00 peserta mulai berdatangan ke lokasi acara, sekitar 40 orang peserta yang telah mendaftarkan diri melalui web yang disedikan panitia langsung melakukan registrasi ulang. Workshop kali ini di khususkan bagi pengguna kamera Canon tipe DSLR maupun Mirrorless.

Sebelum acara dimulai, Tyas dari Gudang Digital selaku penyelenggara acara membuka dengan pengantar mengenai workshop yang akan digelar. Pada kesempatan kali ini narasumber yang akan mengisi workshop adalah Yosafat. Seorang fotografer asal Gunungkidul, DI Yogyakarta yang berkecimpung di dunia Street Photography dan Wedding Photography.

Setelah pemaparan dari Tyas selesai, sesi workshop dimulai. Membuka sesi pertama Yosafat selaku pembicara terlebih dahulu memperkenalkan diri, disambung dengan kesibukan apa saja yang sedang dijalani saat ini. Selanjutnya, Yosafat mulai memberikan materi-materi dasar berkaitan dengan Fashion Photography dan materi tentang Street Photography. Yosafat menyampaikan bagaiman dua jenis aliran fotografi ini bisa digabungkan. Selain  itu, Yosafat juga menyampaikan hal-hal mendasar yang perlu dikuasai saat ingin memproduksi sebuah foto Fashion on the Street.

Kurang lebih 45 menit pembicara memberikan materi, para peserta begitu antusias menyimak satu-persatu hal yang dipaparkan.  Tiba saatnya memasuki sesi tanya jawab. Pada sesi kali ini ada sedikitnya tiga orang peserta yang mengajukan diri dan bertanya kepada pembicara. Ada yang bertanya mengenai jenis kamera apa yang lebih cocok digunakan saat ingin melakukan kegiatan Fashion on the Street. Ada juga yang bertanya tentang etika saat melakukan motret dijalanan yang ramai agar tidak mengganggu pengguna jalan yang lain. Pertanyaan-pertanyaan tersebut langsung dijawab langsung oleh Yosafat disertai dengan contoh supaya peserta lebih mudah memahami apa yang ia sampaikan.  Tidak lupa Yosafat juga memberikan tips dan trik agar peserta bisa lebih mudah saat ingin mendapatkan hasil foto yang ciamik.

Sesi workshop selesai, pada workshop kali ini peserta diberikan kesempatan untuk langsung praktik melakukan foto Fashion on the Street. Lokasi pemotretan dilakukan di sekitar jalan Masjid Mataram Kotagede. Ada dua model yang sudah siap difoto. Model tersebut menggunakan pakaian fashionable dari Siroshima Butik. Pada sesi motret bareng kali ini dibagi menjadi dua grup. Grup satu bersama Mas Pras dan grup dua bersama Mas Jati. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan take foto dan langsung mempraktikan hal-hal yang tadi sudah dijelaskan pada saat workshop.

Peserta workshop melakukan foto bersama pada acara “Fashion on the Street” (Foto: Gudang Digital)

Satu jam kegiatan take foto dilaksanakan, para peserta workshop beserta pembicara dan model kembali ke lokasi workshop dan melakukan sedikit review. Sebelum acara selesai para peserta dan pembicara serta model melakukan sesi foto bersama. Tepat pukul 17:00 acara workshop Fashion on the Street resmi ditutup dan para peserta diperbolehkan pulang.