0 item in the bag

No products in the cart.

WhatsApp : +6282223239478

Apa Sih Perbedaan Lensa First Party dan Third Party? Cari Tau di Sini Yuk!

Lensa merupakan kebutuhan paling penting dalam dunia fotografi maupun videografi. Tanpa lensa, kamera tidak berguna karena tidak bisa menangkap gambar. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas mengenai lensa secara umum. Konco GD tau nggak kalau selain diproduksi oleh brand kamera, ada juga lensa yang diproduksi secara independen?

Jadi, berdasarkan produksinya, lensa kamera terbagi menjadi dua macam, yaitu lensa first party yang diproduksi oleh produsen brand kamera dan lensa third party yang diproduksi secara independen atau dari merk lensa itu sendiri. Sebagai contoh, lensa first party ada Canon, Sony, Lumix, Nikkor dari Nikon, Fujinon dari Fujifilm atau M. Zuiko dari Olympus. Jadi, lensa first party hanya bisa digunakan dengan kamera yang sama. Misalnya, lensa Nikkor hanya bisa dipasang untuk kamera Nikon, nggak bisa dipasang pada kamera Canon. Sedangkan lensa third party contohnya seperti Sigma, Tamron, Samyang, Tokina, Meike, 7artisan, Mcoplus, dan berbagai merk lensa lainnya. Lensa third party tersedia untuk berbagai jenis kamera. Misalnya, lensa Tamron 17-50mm F2.8 yang tersedia untuk mount Nikon, Canon, dan Sony.

Lensa First Party (Branded)

Lensa first party bisa dibilang merupakan lensa premium karena harganya yang relatif mahal. Bahkan, dengan focal length (FL) dan diafragma yang sama dengan lensa third party, tetap cenderung lebih mahal lensa first party. Harga yang tidak murah ini tentu saja bukan tanpa alasan. Kualitas yang terjamin sebanding dengan harga yang harus dibayar. Kualitas ini mencakup dari segi kompatibilitas dan pelayanannya. Karena lensa Sony diproduksi oleh brand kamera Sony, maka sudah pasti lensa tersebut akan berfungsi dengan baik pada kamera Sony. Dengan demikian kompatibilitasnya terjamin. Sedangkan untuk pelayanannya, lensa first party memberikan garansi resmi dari brand lensa tersebut sehingga Konco GD nggak perlu khawatir ketika harus mereparasi lensa yang bermasalah. Apalagi service center mudah ditemui karena telah tersebar khususnya di kota besar. Akan tetapi, soal garansi biasanya garansi resmi yang diberikan hanya satu tahun.

Kelebihan:

  • Kompatibilitas terjamin.┬áLensa Sony sudah pasti berfungsi dengan baik pada kamera Sony.
  • Kualitas dan layanan lebih baik karena memberikan garansi resmi. Selain itu, service center tersebar di kota-kota besar. Jadi ketika mengalami masalah, Konco GD bisa langsung datang ke service center dan berkonsultasi dengan customer service secara langsung.

Kekurangan:

  • Harga relatif mahal, namun dengan kualitas dan pelayanan yang premium.
  • Garansi resmi yang diberikan pada produk lensa first party umumnya hanya 1 tahun saja.
Line up lensa First Party Sony Alpha
Sumber: Alpha Universe

Lensa Third Party

Kehadiran lensa third party mengisi gap atau memenuhi permintaan jenis lensa yang tidak tersedia pada lensa first party. Sehingga lensa third party memiliki pilihan FL yang sangat variatif. Misalnya ketika Konco GD memiliki kamera mirrorless Sony dan sedang membutuhkan lensa 30mm f1.4, sayangnya Sony tidak memproduksi lensa dengan FL tersebut. Kekosongan ini diisi dengan lensa Sigma yang memproduksi lensa 30mm f1.4 for Sony E. Soal harga, lensa third party lebih murah dibandingkan lensa first party. Dengan harga yang murah serta pilihan FL yang variatif, lensa third party mampu berkompetisi dengan lensa first party. Bahkan bisa menjadi pilihan Konco GD yang sedang mencari lensa dengan harga yang terjangkau. Kelebihan lainnya adalah biasanya lensa third party memberikan garansi yang lebih panjang yaitu lebih dari satu tahun.

Akan tetapi lensa third party memiliki kekurangan dari segi kompatibilitasnya. Kalau Konco GD beli lensa Sony, maka sudah pasti bisa digunakan untuk kamera Sony. Tapi, untuk lensa third party belum tentu karena biasanya mereka memproduksi satu jenis lensa dengan berbagai macam mount. Jadi, Konco GD harus teliti memastikan lensa third party yang diinginkan memiliki mounting yang sama dengan kamera. Soal kualitas hasil foto, lensa third party telah setara dengan lensa first party. Hanya saja kinerjanya belum tentu sebanding, seperti soal kecepatan fokus, ketersediaan fitur auto focus (AF) atau image stabilization (IS), atau noise. Kekurangan lainnya adalah karena harganya yang terbilang murah, maka untuk menekan harga produksi lensa third party terbuat dari bahan yang menyesuaikan dengan keterjangkauan harga tersebut alias ekonomis. Seperti misalnya menggunakan plastik pada body lensa serta memiliki fitur yang tidak banyak.

Kelebihan:

  • Harga lebih murah.
  • Memenuhi permintaan jenis lensa yang tidak tersedia pada lensa first-party karena focal length yang variatif.

Kekurangan:

  • Kompatibilitas kurang terjamin. Harus teliti memastikan mount antara lensa dengan body kamera.
  • Konstruksi ekonomis. Untuk menekan harga, produksi lensa third-party terbuat dari bahan yang menyesuaikan dengan keterjangkauan harga tersebut. Seperti misalnya hampir seluruh lensa third-party menggunakan plastik sebagai bahan pada body lensa.
Lensa Samyang, Lensa Fujinon, dan Fujifilm X-T2 dipasang lensa Samyang

Memilih lensa first party ataupun third party jangan terlalu dibikin pusing ya Konco GD, karena masing-masing sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihan kembali pada prioritas kebutuhan, ketersediaan dana Konco GD serta menimbang kelebihan dan kekurangannya. Kebutuhan artinya Konco GD perlu lensa yang seperti apa dan FL serta diafragma berapa. Setelah itu pastikan lensa yang diperlukan tersedia pada lensa first party atau third party. Yang pasti, Konco GD jangan sampai lupa untuk mencari tau tentang lensa terlebih dulu sebelum membeli. Bisa dengan bertanya ke teman yang lebih paham soal lensa, membaca blog atau ulasan mengenai lensa yang ingin dibeli, serta memastikan mount-nya cocok dengan kamera Konco GD. Kalau sudah yakin dan ingin membeli, Konco GD langsung aja cek di toko kamera Gudang Digital Online karena tersedia berbagai macam lensa, baik lensa first party maupun third party, dan selalu ada promo lho! Yuk tentukan lensa yang kamu inginkan sekarang juga.