0 item in the bag

No products in the cart.

WhatsApp : +6282223239478

Apa Sih Backlight Dalam Fotografi? Yuk Simak Tips Backlight Dalam Fotografi

Halo Konco GD!

Bagi kalian yang sudah terjun lama atau sudah akrab dengan dunia fotografi pasti tak asing lagi dengan istilah Backlight. Tapi, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Backlight? Backlight adalah suatu kondisi saat sumber cahaya berada di belakang objek yang akan difoto. Dengan kondisi ini, ada kesan tidak  menghasilkan foto yang layak, karena objek kelihatan gelap, dikalahkan oleh sumber cahaya yang langsung terkena ke objek dan kamera.

Selain itu, banyak teori tentang fotografi. Teori-teori ini hadir karena pengalaman yang didapatkan oleh para fotografer, khususnya para fotografer profesional. Nah, bagi Konco GD nih yang sedang belajar fotografi disarankan untuk belajar mengenai teori fotografi supaya saat melakukan kegiatan fotografi bisa menghasilkan foto sesuai yang diharapkan dan tidak melakukan kesalahan sehingga menghasilkan foto yang kurang menarik.

Beberapa fotografer sering sengaja memanfaatkan backlight guna membuat foto siluet. Istilah backlight sudah tidak asing lagi di masyarakat maupun dikalangan fotografer, namun masih banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mengolah backlight sehingga bisa menghasilkan foto yang bagus bahkan bernilai seni tinggi. Nah, Gudang Digital punya beberapa tips bagi Konco GD yang ingin mengambil foto namun terserang backlight.

Gunakan Mode Manual

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi backlight adalah menggunakan mode manual pada kameramu saat ingin mengambil foto. Mode manual digunakan untuk memudahkan fotografer mengatur exposure. Guna melihat exposure yang diterima kamera, kamu bisa mengoptimalkan penggunaan LCD yang ada di kamera dengan live view mode. Melalui layar tersebut, kamu bisa melihat cahaya backlight secara lebih jelas. Setelah itu kamu bisa tahu pengaturan kamera serta angle mana yang tepat dan objek yang ditampilkan tidak akan terlihat gelap. Namun, untuk mendapatkan exposure yang pas kamu harus melakukannya dengan beberapa kali percobaan.

Gunakan Spot Metering

Kamu juga bisa menggunakan Spot Metering. Dengan model ini, kamera kamu akan fokus pada bagian kecil dari objek. Supaya bisa menggunakan mode Spot Matering kamu harus melakukannya dengan otodidak atau latihan tersendiri. Dengan melakukannya secara otodidak kamu bisa mengerti bagaimana cara menaklukan backlight. Kamu juga bisa tahu pencahayaan seperti apa yang pas dalam fotografi.

Oh iya, setiap kamera memiliki cara berbeda dalam penggunakan mode Spot Metering, jadi kenali kamera yang kamu pakai ya!

 Gunakan Reflector

Selain menggunakan Mode Manual dan Spot Metering, kamu juga bisa menggunakan Reflector. Pada penggunaan reflector juga disarankan agar dilakukan secara otodidak dan harus melalui beberapa kali percobaan. Hal ini dilakukan agar kamu bisa mendapatkan sudut yang tepat dan reflector yang baik. Memanfaatkan cahaya ada juga bisa untuk meminimalisir backlight lho!

Optimalkan Penggunaan Flash

Kamu juga bisa menggunakan Flash untuk mengatasi backlight. Flash kamera ada yang sudah tersedia di dalam kamera namun ada pula yang versi terpisah atau sering disebut flash eksternal. Nah, untuk flash eksternal kamu bisa menggunakan porduk flash dari Gudang Digital, diantaranya Godox TT685F, Godox TT350N, dan Flash Sony HVL F32M. Menggunakan flash dapat dibilang menjadi cara paling mudah untuk mengatasi backlight.

Itu dia beberapa tips untuk Konco GD yang ingin memotret namun terhalang masalah backlight. Backlight memang mengganggu saat sedang ingin memotret foto, namun jika kamu tahu bagaimana menaklukan backlight, maka tak mustahil kamu bisa mendapatkan hasil foto yang berkualitas tanpa perlu harus terganggu dengan backlight. Selamat mencoba!

Sumber: https://www.jpckemang.com/articles/defenisi-backlight-adalah-serta-ketahui-tips-backlight-fotografi

Penulis: Idofi Andika Pratama