0 item in the bag

No products in the cart.

WhatsApp : +6282223239478

3 Rekomendasi Mikrofon Vlog Buat Para Youtuber

Halo Konco GD! Youtuber saat ini lagi hits banget ya, Konco GD. Selain jadi hobi yang menyenangkan, juga bisa jadi profesi dengan pendapatan yang lumayan banget. Kalau mau jadi youtuber, Konco GD harus tahu salah satu hal paling penting yang perlu disiapkan sebelum memulai. Yaitu, perekam suara atau mikrofon!

Alat satu ini kerap kali dilewatkan saat melakukan perekaman video, karena merasa sudah oke dengan built-in microphone pada kamera. Padahal menggunakan built-in microphone belum cukup untuk membuat suara jernih yang bisa didengar dengan jelas oleh para penonton, apalagi jika dilakukan di ruangan terbuka. Jadi, Konco GD yang pengen serius jadi youtuber perlu mikrofon khusus agar kualitas audio video youtube kamu lebih optimal. Nah, pada artikel kali ini mimin mau merekomendasikan mikrofon dengan fitur mantap yang cocok digunakan untuk kalian para youtuber. Dijamin bikin penonton betah mantengin youtube kamu!

1. Rode Microphone VideoMicro

Mikrofon jenis shotgun keluaran Rode ini sudah nggak asing di kalangan para youtuber karena banyak yang menggunakannya. Mikrofon ini memiliki bentuk yang ringkas dan dapat digunakan pada berbagai jenis kamera. Mikrofon Rode VideoMicro dapat menghasilkan audio video yang bagus karena menggabungkan kapsul cardioid condenser microphone berkualitas tinggi saat digunakan. Rode VideoMicro juga mampu mengurangi suara periferal dan fokus pada suara di depan kamera. Jadi, bisa dibilang mikrofon ini dapat langsung menangkap suara Konco GD saat di depan kamera dan meredam suara distraksi atau kebisingan di sekitar. Hasil audio bisa jadi lebih alami jika dilakukan di dalam ruangan.

Selain soal kualitas audionya yang mumpuni, bentuk fisiknya juga oke punya. Mikrofon ini terbuat dari alumunium sehingga memberikan tingkat penolakan frekuensi radio yang tinggi serta dilapisi dengan ceramic anti-glare black coating bermutu tinggi milik Rode. Mikrofon Rode VideoMicro turut menyertakan dudukan kamera Rycote Lyre yang kokoh dan mampu meminimalisir getaran suara. Selain mounting tersebut, Konco GD juga mendapatkan WS9 bulu sintetis yang bisa digunakan saat melakukan perekaman di luar ruangan. Bulu sintetis ini berguna banget sebagai pelindung angin dan meredam kebisingan lingkungan sekitar. Mau tau apalagi yang bikin lebih asyik? Mikrofon ini nggak perlu memakai batre, jadi Konco GD tinggal plug and play dengan menancapkan kabel daya ke kamera dan langsung pakai deh.

2. Boya Microphone BY-MM1

Mikrofon Boya BY-MM1 merupakan saingan ketatnya Rode Microphone VideoMicro. Karena memang fitur yang dimiliki mikrofon keluaran Boya ini hampir mirip dengan Rode Microphone VideoMicro. Kedua mikrofon sama-sama merupakan jenis shotgun, memiliki polar pattern berupa cardioid, tidak memerlukan baterai alias plug and play, dilengkapi dengan bulu sintetis windshield, dan bentuknya pun hampir serupa.

Meskipun mirip dengan Rode Microphone VideoMicro, mikrofon Boya BY-MM1 tentu punya kelebihannya sendiri. Mikrofon ini sangat kompatibel digunakan untuk berbagai macam kamera, handycam, PC, perekam audio, bahkan cocok banget dipakai pada smartphone. Apalagi, Boya BY-MM1 sudah menyertakan kabel TRS dan kabel output TRRS yang bisa digunakan untuk berbagai macam perangkat rekaman yang mau Konco GD pakai. Jadi, Konco GD nggak perlu beli kabel tambahan lagi. Nggak hanya itu, Konco GD juga langsung mendapatkan dudukan kamera dengan fitur anti-shock mount yang efektif dapat meminimalisir kebisingan getaran. Ditambah lagi dengan mikrofonnya itu sendiri juga sudah dilengkapi dengan fitur windshield, maka hasil audio di luar ruangan bisa jadi semakin jernih! Untuk beban mikrofon, Konco GD nggak perlu khawatir keberatan karena Boya BY-MM1 ini sangat ringan. Soalnya, mikrofon ini terbuat dari konstruksi alumunium ringan dengan ukuran yang ringkas. Kelebihan lain dari mikrofon ini adalah harganya yang sangat terjangkau dibandingkan Rode Microphone VideoMicro. Jadi, tanpa merogoh kocek yang dalam Konco GD sudah bisa mendapatkan mikrofon Boya BY-MM1 dengan fasilitas komplit untuk membuat audio video yang jernih untuk youtube kamu.

3. Saramonic Microphone Vmic Pro

Mikrofon besutan Saramonic dengan tipe kondensor super directional ini memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan kedua mikrofon sebelumnya. Fitur tersebut diantaranya memiliki tiga tingkat pengaturan (-10dB, 0dB, +20dB) yang dapat disesuaikan sendiri, high-pass filter (150Hz), dan high-frequency boost (+6dB). Fitur-fitur tersebut memungkinkan Konco GD untuk menangkap suara yang sangat bersih di berbagai situasi lingkungan sekitar, baik jarak jauh maupun tingkat kebisingan yang tinggi. Konco GD juga nggak perlu khawatir suara obrolan dengan orang lain tidak terekam dengan jelas, karena mikrofon Saramonic Vmic Pro memiliki tombol Low-Cut yang berguna memperjelas dialog serta menghilangkan suara gemuruh yang mengganggu. Pokoknya kualitas suara yang dihasilkan oleh mikrofon Saramonic Vmic Pro ini nggak usah diragukan lagi! Sementara itu pada fitur fisiknya, mikrofon Saramonic Vmic Pro ini memiliki dua output kabel yang digunakan untuk kabel 3.5mm yang menghubungkan mikrofon ke input audio kamera. Output kabel satu lagi untuk headphone stereo yang memungkinkan Konco GD memantau audio yang masuk saat perekaman. Meskipun konstruksi body terbuat dari logam yang memperkokoh mikrofon, namun beban Saramonic Vmic Pro ini cukup ringan.

Ada beberapa nih perbedaan antara Saramonic Vmic Pro dengan mikrofon Rode VideoMicro dan Boya BY-MM1. Salah satunya adalah polar pattern, di mana Saramonic Vmic Pro ini berupa super-cardioid berbeda dengan kedua mikrofon sebelumnya yang berupa cardioid. Selain itu, kalau mikrofon Boya dan Rode sebelumnya sudah termasuk windshield berupa bulu sintetis, Saramonic Vmic Pro menyertakannya juga tapi dalam bentuk busa. Perbedaan lainnya, Saramonic Vmic Pro tidak memiliki fitur plug and play tapi harus menggunakan 2 buah batre AA. Jadi, Konco GD harus mempersiapkan baterai terlebih dulu ya agar mikrofon Saramonic Vmic Pro dapat beroperasi.

Ketiga mikrofon tersebut sudah pasti punya kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Tapi, secara garis besar mikrofon Rode VideoMicro, Boya BY-MM1, ataupun Saramonic Vmic Pro udah mantul banget deh dipakai buat ngevlog. Tinggal menyesuaikan dengan budget aja. Percayalah wahai para youtuber, dibalik suara yang jernih pada video youtube kamu, niscaya penonton akan senang dan subscriber pun meningkat! Dapatkan mikrofon-mikrofon ini hanya di toko kamera Gudang Digital Online yaa.